Tips Membuat Sop Lezat dan Bergizi

Posted by

Sop sayuran memang tak cuma menghangatkan, tapi juga penuh gizi dari aneka sayuran yang terdapat di dalamnya. Kalau dilihat, proses masak sop sayuran memang tampak sederhana. Tinggal buat kaldu, potong sayuran, tambahkan sedikit bumbu agar sop semakin nikmat, dan sop sayuran pun siap disajikan. Tapi, tentu saja masih ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kelezatan sop Anda:
  1. Agar sayuran matang merata 

  2. Sayuran yang berbeda membutuhkan waktu masak yang berbeda pula. Jadi, agar setiap sayuran pada sop Anda matang merata, Anda bisa melakukan salah satu dari 2 cara berikut :
    • Masukkan sayuran sesuai urutan lama memasaknya. Jadi, masukkan sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk matang lebih dulu dibandingkan sayuran lebih cepat matang.
    • Masak masing-masing sayuran secara terpisah hingga matang, lalu tambahkan ke kuah kaldu sop yang sedang dimasak selama beberapa saat saja. Sayangnya, kalau cara ini dilakukan, nutrisi sayuran yang larut ke dalam air yang dipakai untuk merebus sayuran jadi terbuang. Beda dengan merebus sayuran dengan kaldu sop, karena nutrisi sayuran yang larut masih Anda nikmati bersama kaldu. Jadi, kalau mungkin Anda bisa memasak sayuran secara terpisah dengan cara dikukus, yang tidak terlalu melarutkan nutrisi sayuran. 

  3. Menjaga kandungan nutrisi sayuran

  4. Nutrisi sayuran yang larut ke kaldu yang dipakai untuk merebus sayuran akan jadi tidak terbuang saat Anda menikmati kaldu sop Anda. Tapi, ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan pula saat memotong sayuran, yaitu :
    • Cuci sayuran sebelum dipotong. Memotong sayuran dapat merusak dinding sel sayuran sehingga nutrisi akan larut bila terkena air. Karena itu, cuci sayuran sebelum dipotong.
    • Segera masak sayuran setelah dipotong. Nutrisi juga bisa rusak saat terpapar cahaya dan udara. Jadi, memasak sayuran segera setelah dipotong dapat membantu menjaga nutrisi sayuran sebaik mungkin.
Sudah siap membuat sop sayuran yang bergizi ? Semoga tips diatas bermanfaat.

sumber


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: December 22, 2013
test