Nikmatnya Sate Ambal Khas Kebuman

Posted by


Siapa yang tak kenal Sate Ambal ? Ya, Sate ambal adalah makanan khas dari daging ayam yang berasal dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah.
Yang membuat sate Ambal berbeda dari sate daerah lain seperti sate Madura adalah bumbunya. Bumbunya agak lebih encer, berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang. Dan istimewanya, bumbu ini dibuat dari tempe yang dihancurkan hingga halus. Cita rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah yang menggugah selera. Sate daging ayam ini dimasak manis berbumbu tempe.

Bagi anda yang sedang merencanakan liburan, tak ada salahnya untuk mampir di Kebumen sembari mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Kebumen, atau hanya sekedar untuk datang di kota Lawet ini, bisa menikmati Sate Ambal hanya dengan mengeluarkan uang tak lebih dari Rp 8.000,- untuk satu orang.

Sate Ambal yang cukup terkenal ini awalnya berada di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Tepatnya kalau dari pasar Kutowinangun menuju ke kota Kebumen (arah barat) sekitar 500 meter, ada pertigaan ke selatan terus ambil jalan ke kiri sekitar 10 km dan dari Kecamatan Ambal menuju arah timur.
Saat ini, untuk menikmati Sate Ambal anda dapat menjumpai penjual Sate di sepanjang jalan pasar Kutowinangun 11 km ke arah timur dari Kota Kebumen atau juga bisa anda jumpai diseputaran Alun-alun Kebumen.

Saat ini, penjual Sate Ambal yang cukup terkenal adalah Pak Kasman 52 tahun, yang katanya menjadi penjual sate sejak masih Sekolah Rakyat. Pengetahuannya membuat sate ini diperoleh dari ayahnya yang bernama Pak Sabar, di mana orang tuanya tersebut dulu juga cukup terkenal sebagai penjual sate Ambal.

Untuk bisa membuat sate yang benar-benar bisa membuat orang segera ingin menyantapnya, ternyata ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah ayam betina, atau ayam babon yang dagingnya banyak mengandung gajih. Lagi pula, ayam jantan seperti jago katanya tak akan bisa menjadi Sate yang enak.

Nah, kalau anda penasaran ingin mecoba nikmatnya Sate Ambal, datang saja ke kota Kebumen sambil berlibur mengunjungi obyek wisata disana dan tentunya sambil Wisata Kuliner.
Murah, nikmat, sehat dan tentunya Halal....


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: December 21, 2013
test