7 Makanan Yang Menyebabkan Buang Angin

Posted by

Makanan yang kita makan selain menyehatkan juga kadang mempunyai efek tertentu bagi tubuh.
Tubuh mendapatkan aneka nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Entah dari sayuran, bumbu yang dicampurkan di dalam makanan, buah-buahan atau juga umbi-umbian. Aneka makanan tersebut di dalam perut dapat menyebabkan gas tertentu, yang apabila dikonsumsi berlebihan akan memicu Anda buang angin lebih sering.

Berikut adalah tujuh makanan yang menyebabkan buang angin :

Bawang Putih
Bawang adalah salah satu bahan bumbu yang apabila jumlahnya berlebihan akan menyebabkan kembung serta gas di dalam perut. Umumnya, perut akan terasa kurang nyaman dan kemudian Anda jadi sering buang angin. Oleh karena itu, sebaiknya jumlahnya dikurangi saat Anda memasak sesuatu.

Brokoli
Brokoli adalah keluarga kubis yang kaya akan vitamin, mineral serta phytochemical yang sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan. Sayangnya, mengonsumsi brokoli berlebihan dapat menyebabkan gas di dalam perut. Enzim di dalam pencernaan kurang maksimal diuraikan dan Anda jadi sering buang angin.

Kubis
Kubis mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menyebabkan formasi gas di dalam perut. Terutama saat dikonsumsi mentah. Bagi yang suka makan lalapan sebaiknya dikurangi porsi lalapan kubis mentah.

Taoge
Sama seperti brokoli dan kubis, taoge mengandung vitamin A dan vitamin C, folic acid, serat serta karbohidrat kompleks. Di mana karbohidrat akan membentuk oligosaccharides yang dapat menyebabkan kembung dan pembentukan gas di dalam perut.

Jagung
Bentuk diet lain adalah mengonsumsi jagung rebus, di mana kehadiran tepung dan gula di dalam jagung ditengarai sebagai penyebab munculnya gas pada pencernaan. Bahkan bagi sebagian orang jagung rebus bisa menimbulkan rasa mual bila dimakan.

Kacang-kacangan
Jangan heran kalau Anda sering buang angin saat Anda mengonsumsi kacang-kacangan. Selain itu, aroma saat buang angin memang akan didominasi oleh aroma kacang.

Beets ( Umbi )
Jika Anda memiliki organ pencernaan yang sensitif, maka saat makan beets atau umbi lainnya, Anda akan merasa perut sedikit begah. Di sini, ada formasi gas yang sedang dibentuk di dalam perut, dan apabila tidak dikeluarkan, rasanya tidak nyaman.

Mengonsumsi aneka makanan di atas tidaklah salah, semuanya punya kelebihan masing-masing. Namun untuk menghindari problem pencernaan dan juga buang angin berlebih, maka sebaiknya kurangi saja porsinya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: December 04, 2013
test